Friday, January 27, 2012

The Reasons

Di era globalisasi, dimana teknologi informasi berkembang sangat pesat seperti saat ini, internet telah menjadi hal yang ndak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Situs-situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter tentunya sudah ndak asing lagi di telinga sampeyan, bahkan saya yakin sebagian besar dari sampeyan pun telah memilikinya dan aktif mengupdate status disana. Dengan didukung dengan kemajuan teknologi telepon selular yang semakin canggih, waktu dan tempat sudah bukan lagi menjadi penghalang untuk mengakses kedua situs tersebut, kapan saja dimana saja sampeyan bisa menikmati fasilitas dan mengupdate status sampeyan disana, dan memang saat ini kedua situs tersebut memang telah menjadi sarana komunikasi dan hiburan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Sebenarnya masih ada beberapa situs jejaring sosial serupa keduanya di internet, namun kepopuleran situs-situs tersebut masih kalah dibandingkan dengan facebook atau twitter, blog salah satu contohnya. Menurut Mas Wiki, blog merupakan singkatan dari web log dan merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Seperti situs jejaring sosial lainnya, pada blog juga terdapat fasilitas untuk berinteraksi dengan memberikan komentar pada setiap tulisan yang telah diposting oleh pemiliknya.

Namun dibandingkan dengan facebook atau twitter yang sudah akrab di keseharian sampeyan, blog memang terkesan sedikit lebih ribet dan sedikit butuh waktu lebih lama untuk mengisinya. Tulisan-tulisan di blog biasanya lebih panjang dan butuh pemikiran mendalam dari pemiliknya. Sebuah blog akan menarik apabila didalamnya ada konten baru dan segar yang bisa dinikmati oleh para pengunjungnya, dan tentu saja itu menuntut  konsistensi si pemilik blog untuk bisa selalu mengupdate tulisan-tulisan di dalamnya, tapi kenyataannya untuk bisa konsisten menulis memang bukan hal yang mudah, terlebih lagi apabila ada kesibukan lain yang ndak bisa ditinggalkan. Dua hal itulah yang mungkin menjadi alasan utama kenapa ndak semua orang mau dan berminat untuk menjadi seorang blogger.
 
Ada dua situs web penyedia blog gratis yang saat ini banyak digunakan oleh para blogger, dua situs tersebut adalah Wordpress dan Blogspot. Awalnya saya sempat bingung juga platform mana yang akan saya gunakan, namun setelah bertanya-tanya pada Mbah Google, akhirnya saya pun memutuskan untuk memiliki sebuah blog pribadi dan memilih blogspot sebagai platformnya.
 
“Sebenarnya tujuan sampeyan ngeblog apa sih mas? dan kenapa sampeyan bawa-bawa nama saya disana, harusnya sampeyan  bayar royalti ke saya lho mas” protes Kang Bejo saat mengetahui isi blog saya kebanyakan berisi tentang obrolan-obrolan  saya dengannya ketika menikmati makan di warteg langganan kami.
 
“Hahaha sampeyan iki kok yo mata duitan banget sih Kang, udah kayak artis aja pake minta royalti segala, gimana mau mbayar royalti?wong saya bikin blog ini ndak untuk cari duit kok ” jelas saya kepadanya
 
“Lah terus sebenarnya alasan sampeyan ngeblog itu apa?daripada sampeyan nulis-nulis ndak jelas gitu, mending buat istirahat mas, kan pasti capek kalo abis mburuh, lagian obrolan kita kan obrolan buruh mas, obrolan kelas warteg, bukan obrolan elit kayak orang-orang pinter di gedung DPR sana itu ” jawab Kang Bejo nyinyir
 
“Sampeyan mbok ya jangan gitu toh Kang, walaupun kita cuman buruh seperti ini tapi kalo saya merasa obrolan kita bermanfaat bagi yang lain, toh ndak ada salahnya juga kalo kita bagi juga ke kawan-kawan kita yang lain, kan lumayan Kang nambah-nambahin pahala karena telah menyebar kebaikan.” jawab saya sambil tersenyum
 
“ Iya sih mas, tapi kalau saya mending leyeh-leyeh aja mas, ngelurusin punggung aja hehe” jawab Kang Bejo sambil tersenyum
 
Saya sepenuhnya memahami alasan kenapa Kang Bejo bertanya seperti itu, memang ndak semua buruh seperti saya ini mau dan berminat untuk ngeblog, terlebih kalau di pabrik sedang banyak pekerjaan dan pak mandor menuntut agar semua pekerjaan itu diselesaikan dengan segera. Tapi bagi saya menulis di blog memberikan kepuasan tersendiri, karena bagi saya blog bisa menjadi tempat belajar, sekaligus  tempat berbagi.
 
“Belajar dan berbagi?maksud sampeyan gimana mas?” Tanya Kang Bejo penasaran
 
“Maksud saya begini Kang, melalui blog ini saya ingin menyampaikan opini dan ide-ide dari perspektif saya sendiri, karena saya merasa opini saya itu perlu untuk disuarakan, tapi mungkin saja perspektif  saya itu berbeda dengan perspektif orang lain, jadi seandainya ada orang lain yang ndak setuju atas opini dan pendapat saya itu, ya saya monggo persilahkan saja” jelas saya
 
“Berarti belum tentu bener dong mas?” lanjut Kang Bejo
 
“Tapi kan saya mengemukakan pendapat itu ada dasar, alasan serta penjelasan toh Kang, biar pembaca sendiri aja yang menilainya” jawab saya sambil tersenyum
 
Selain untuk menyampaikan opini, blog ini juga saya gunakan untuk menceritakan momen-momen istimewa yang mengiringi perjalanan hidup saya yang tentunya sayang untuk dilewatkan, misalnya momen menegangkan sekaligus bahagia saat menantikan kelahiran si krucil saya, atau cerita pengalaman masa kecil saya dulu saat tahu sekolah saya dulu akan di bom. (untuk cerita lengkapnya bisa klik disini dan disini).
 
“Lah emang  cerita-cerita sampeyan itu manfaatnya apa?” tanya Kang bejo
 
“Ya tentu saja harapan saya agar pembaca bisa mengambil hal-hal positif dari pemikiran dan pengalaman saya itu Kang, sampeyan itu dari tadi kok ndak mudeng-mudeng sih hehe ” jawab saya sambil tertawa
 
Tapi sebenarnya yang menjadi alasan utama saya menulis blog ini adalah agar anak-anak saya kelak, saat dimana mereka telah dewasa dan bisa memahami  tulisan –tulisan ini, mereka bisa melihat ayah mereka dari sudut pandang yang berbeda, bukan dari sudut pandang seorang anak kepada orang tuanya yang selama ini mereka lihat, tapi mereka bisa melihat saya dari sudut pandang orang-orang yang membaca tulisan-tulisan saya ini. Dari tulisan ini pula mereka akan tahu betapa besar rasa sayang dan cinta kami kepadanya. Sehingga nanti ketika mereka telah memahami itu semua, mereka akan bisa selalu hormat dan patuh kepada kedua orangtuanya.
 
Setelah beberapa bulan melakukan aktivitas blogging, ternyata saya menemui banyak orang-orang yang mempunyai minat yang sama. Meskipun saya belum pernah bertatap muka secara langsung, tapi dengan mengunjungi dan membaca blog mereka, sedikit banyak saya bisa mengenal mereka lebih dekat dan banyak mendapatkan hal-hal baru dari blog mereka.

Dalam aktivitas blogging dikenal istilah “PR”, kalo selama ini istilah PR itu saya pahami sebagai tugas pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru kepada murid-muridnya, namun ternyata para blogger memiliki definisi yang berbeda. Istilah “PR”, terkadang ditulis juga dengan“pe-er”, digunakan para blogger untuk tugas menulis berantai yang diberikan kepada sesama blogger, setelah seorang blogger selesai menulis ceritanya maka dia diwajibkan untuk meneruskannya kepada blogger lainnya. Dan ternyata cara ini menjadi cara jitu untuk mengembangkan blog dan memacu para blogger untuk menulis serta mengembangkan kemampuan menulisnya.
 
Dan orang pertama yang memberikan pe-er pertama kepada saya adalah mbak atma, salah satu kawan blogger dari Makassar yang juga berprofesi sebagai seorang guru disana. Pe-er ini berkisah tentang angka 11, angka 11 dipilih  karena memang sebenarnya pe-er ini diberikan di bulan November lalu, tapi karena waktu itu saya kebetulan lagi repot karena pindahan rumah sekaligus abis dipindah ke pabrik baru, maka baru kali ini saya bisa mengerjakannya. Tapi meskipun sudah telat dan kadaluarsa, pe-er ini akan tetap saya kerjakan sebagai bentuk penghormatan saya terhadap tali persahabatan di dunia blog.

Sebelum saya mulai, inilah aturan main pe-er ini selengkapnya:

Oke langsung saja, sesuai aturan mainnya, inilah sebelas hal tentang Mas Seagate :
 
1. Anak pertama dari Lima bersaudara. Adik saya yang paling bungsu sekarang masih kelas satu SD dan umurnya berbeda 20 tahun dengan saya. Gara-gara ibu saya sedang  hamil tua saat itu, sampe beliau harus membatalkan rencananya untuk menghadiri acara wisuda saya di Jakarta :)
 
2. Waktu kecil pernah hampir kehilangan nyawa gara-gara kecebur ke tong saat main air di depan rumah, tragis hehe (cerita lengkapnya bisa klik disini).
 
3. Ndak pernah ngerasain sekolah TK. Meskipun belum cukup umur, tapi saat itu saya ngotot pingin sekolah SD, gara-gara ndak dibolehin sekolah SD, sampe-sampe saya lemparin pintu rumah pake batu, keras kepala ya hehehe (cerita lengkapnya bisa klik disini)
 
4. Pernah “kabur” dari sekolah Madrasah Ibtidaiyah ke SD Negeri tanpa seijin sekolah yang lama. Ini namanya nekat hehe 
 
5. Paling suka dengan pelajaran Matematika. Waktu SD dulu pernah ikut olimpiade Matematika tapi sayangnya kalah, namun kekecewaan itu terobati saat tahu nilai pelajaran Matematika pada EBTANAS saya dapat nilai sempurna, 10,00, ternyata dulu saya pinter juga ya.. sekarang? ndak usah di tanya lagi, ancur.. hehehe
 
6. Pas SMP pernah dihukum bersihin kamar mandi sekolah gara-gara ketahuan main pingpong saat jam pelajaran, udah mulai keliatan bandel hihi..
 
7. Saya termasuk orang yang ndak kuat dengan dinginnya AC, terlebih kalo terpapar secara langsung, oleh karena itu saya  selalu sedia tolak angin di laci hehe
 
8. Meskipun sudah ada si krucil di rumah, sampai sekarang saya masih hobi maen playstation, tapi tentu saja maennya ndak sebebas dulu lagi, saat ini harus nunggu si krucil bobok anteng dulu, baru deh dibuka lapaknya hehe
 
9. Saya orangnya terlihat kaku dan susah senyum saat di foto, pokoknya ndak fotogenik blas deh. Jadinya bagi sampeyan yang cuman lihat foto dan ndak pernah ketemu saya secara langsung, mungkin “orang yang terlalu serius” adalah kesan pertama yang sampeyan tangkap tentang saya.
 
10. Mudah percaya dan ndak tegaan sama orang, jadinya rentan terhadap penipuan hihihi..
 
11. Suka segala jenis sayuran kecuali pare, pahit soalnya :)

Itulah sebelas hal tentang saya yang mungkin juga ndak penting juga untuk sampeyan ketahui, tapi paling ndak sampeyan bisa sedikit tahu tentang saya. Nah sekarang saatnya untuk menjawab sebelas pertanyaan dari Mbak Atma.
 
1.Siapa yang menginspirasi anda ketika pertama kali ngeblog?
Berawal dari salah seorang kawan yang melihat banyaknya tulisan saya yang ada di notes facebook, akhirnya dia menyarankan saya untuk membuat blog saja, toh nanti kan cerita-cerita saya bisa di share di facebook juga, kata dia waktu itu.
 
2.Apa kesan pertama anda ketika menemukan blog gue (atma's blog)?
Simple, ndak nyangka ternyata yang punya seorang guru, bahasanya gaul soalnya, gue gue elo elo hehe
 
3.Menurut anda ngeblog itu lebih pantas disebut kerjaan atau hobby sih?
Hobby, kecuali kalo emang udah ndak punya kerjaan lain selain ngeblog hahaha
 
4.Blogger yang baik itu seperti apa sih?
Blogger yang tulisannya bisa memberikan manfaat kepada pembacanya dan ndak lupa selalu ninggalin jejak setelah berkunjung..
 
5.Pernahkah anda merasakan yang namanya cinta sejati?
Lah saya ini lagi merasakannya hehehe
 
6.Seandainya anda diberi lagi tai lalat sama Tuhan yang sebesar apel,tai lalat itu mau anda tempelkan dimana?
Diperut aja biar ndak bisa dilihat orang  hehe
 
7.Pengalaman apa yg sangat membahagiakan anda diawal2 anda ngeblog?
Ternyata ada juga yang ngasih komentar, sesuatu ya hahaha
 
8.Jawab dengan jujur,pernahkah anda nyolong makanan saat anda sedang berpuasa?
Oh tentu ndak pernah dong, sejak kelas 3 SD saya sudah puasa maghrib dan alhamdulilah ndak pernah mokel, kecuali emang bener-bener sakit.
 
9.Seperti gue,pernahkah anda mencuci kaki ibu anda untuk mendapatkan restu?
Ndak pernah, cukup cium tangan aja :)

10.Kata orang rindu itu indah,tp bagi gue itu menyiksa.bagaimana menurut anda?
Rindu itu sebuah tanda cinta, jadi ya dinikmatin aja deh :)

11.Menurut anda yang pantas disebut cantiq itu seperti apa sih? 
Cantik itu pokoknya ndak malu-maluin saat di bawa ke kondangan hahaha
 
Nah akhirnya selesai jawab pertanyaannya. Menurut aturan mainnya saya masih harus memberikan pe-er ini ke 11 orang kawan saya yang lain, tapi berhubung pe-er ini sudah termasuk kadaluarsa dan sudah banyak blogger yang mengerjakannya, maka saya ndak akan memberikannya ke blogger yang lain, tapi kalo sampeyan berminat untuk mengerjakannya ya monggo silahkan saja, yang penting ikhlas aja hehehe.
 
“Wah sepertinya seru juga punya blog mas, saya jadi pingin punya blog juga nih” celoteh kata Kang Bejo
 
“Sip-sip, ayolah Kang buat aja, nanti saya ajarin deh, emang nanti rencananya mau bikin blog tentang apa Kang?” tanya saya penasaran
 
“Blog esek-esek , bisa ndak?” jawab Kang Bejo nyengir
 
Jiahhhhh….

33 comments:

  1. hahaa....akhirnya dikerjain juga nih pe-ernya,salut deh.

    aku suka jawaban poin#11, ga malu2in dibawah ke kondangan..hahaa...

    makasih ya mas udah berkenan direpotin^^

    ReplyDelete
  2. gw bikin dari april 2008.... masih bersih.... ngga ada apa2nya.... asal ada aja.... hehehehe
    jadi kalo ditanyain orang punya blog ngga ???... gw jawab ada noh....

    ReplyDelete
  3. hahaaay.. akhirnya pe-er yg udah kadaluarsa nongol jg. Tapi tulisannya sama sekali ga kadaluarsa loh.
    aku paling suka "Rindu itu sebuah tanda cinta, jadi ya dinikmatin aja deh :)".. aiih.. so sweet.. hihihi..
    moga makin smangat ngeblognya.. kutunggu pe-er selanjutnya.. ;)

    ReplyDelete
  4. @mbak atma : iya mbak, lega udah diselesain hehe

    bener kan klo org cantik gak malu-maluin kalo dibawa kondangan hahaha

    ReplyDelete
  5. @mas adi : ayo dong di isi mas, biar makin terasah bakatnya, seperti yang aku bilang tadi mas, konsistensi itu hal yang susah untuk dilakukan hehe

    ReplyDelete
  6. @mbak cova :hahaha iya mbak, gpp yang penting sudah terselesaikan pe-er nya..ok ditunggu aja, semoga makin banyak postingannya hehe

    ReplyDelete
  7. Akhirnya kerinduan akan kang Bejo, pupus sudah, halah...

    Aku juga nge-blog agar anak-anak kelak memahami orang tuanya dalam sudut pandang yang berbeda.

    Satu lagi sih, biar gak lupa hal-hal kecil yang penting, agar aku selalu ingat dan bersyukur, betapa indahnya kehidupan ^_^

    Akhirnya PR selesai juga yak!
    Masih ada PR lagi kan? hihihi

    ReplyDelete
  8. @mbak mayya : wah ternyata ada yang kangen juga sama Kang Bejo hehehe

    iya mbak, masih ada 2 lg pe-ernya hehehe

    ReplyDelete
  9. panjang beneeeer..... :), menarik banget tulisannya mas... btw, ngerjain PRnya dalam jangka setahun yaaa? Ngerti kok... paham... mas Seagate sibuk terus sih ya.... *lho kok akunya yang protes ya? mba Atma aja kalem aja tuh.. hihi..

    Bener mas. dengan blogging, kita bisa mengekspressikan pemikiran kita, uneg-uneg, juga mencatat perjalanan kisah hidup kita sehingga kelak anak cucu bisa membaca dan mengenal lebih dalam perjalanan hidup ayah/ibunya...

    jadi ingin mewariskan rumah maya ku untuk Intanku juga ah....

    thanks for share ya mas... :)

    ReplyDelete
  10. PRnya selesai juga ya? pengalaman kecebur tuh sama dengan saya, tp saya kecebur semacam kolam gitu...kolam ala orang desa yg ada di belakang rumah

    ReplyDelete
  11. Kunjungan balik sobat
    Pertanyaannya banyak banget mas heheheehe
    Cantik itu gak malu- maluin saat dibawa ke kondangan
    #nusuk
    hehehehe

    ReplyDelete
  12. @mbak alaika : iya mbak, kebetulan kemarin lg repot aja :)makasih ya, salam buat intan, sang calon pewaris :)

    ReplyDelete
  13. @ririe : wah lebih serem lagi tuh, alhamdulilah selamat ya :)

    ReplyDelete
  14. @rizki : itu jumlah pertanyaannya udah di tentuin, jadi saya tinggal jawab aja hehe

    iya dong, kalaupun cantik tapi kalo malu-maluin di kondangan ya nanti ga bakal diajak lagi hehe

    ReplyDelete
  15. terus smngat menulis ya mas..apapun propfesi kita, tentunya kita bebas berkarya :)

    ReplyDelete
  16. @meutia : iya dong..harus tetep semangat..makasih ya :)

    ReplyDelete
  17. ga nyangka

    ternyata mas buruh tokh... ckckck

    oh yah kalo ditanya lagi sama temennya itu, bilang aja ngeblog sebagai wadah latihan menulis biar bisa kayak penulis2 top. :)

    ReplyDelete
  18. sangat menarik nih sobat untuk dibaca...

    ReplyDelete
  19. wah mantap ne penjelasannya.. mudah dipahami

    ReplyDelete
  20. Hahaha.. kunjungan pertama langsung terhibur dengan postingannya. Keren Mas, salam kenal yaaaa... :D

    Maklum kalo di foto tampangnya serius, kan laki-laki. Kalo bergaya kayak anak ABG ntar dikira gimanaaa gitu. Hehe.. :D

    ReplyDelete
  21. @immanuel : iya buruh tapi penghasilan ga jauh beda sama boss hehe

    ReplyDelete
  22. @armae : hahaha iya bener-bener, ntar dikira alay lagi ya, kan jaman skrg abg bnyak yg alay hehe

    ReplyDelete
  23. nice blog :)

    visit back ya :) http://leligulali.blogspot.com/

    ReplyDelete
  24. Sama mas. Salah satu tujuan ngeblog, selain berbagi, juga untuk anak-anak kelak. :) biar bisa terus dibaca.

    ReplyDelete
  25. poin yg nomor 9 itu boong, tampang serius dari mana ? wong biasanya cengengesan :P

    ReplyDelete
  26. ngeblog emank banyak manfaatnya bang, selaen ntu, mau ga mau kudu rada paham css, php, ngisi kontent, nambah temen. tetep semangat pokoknyah.

    ReplyDelete
  27. wah suka matematika toh. kebalikan dari aku tuh. hehee

    ReplyDelete
  28. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  29. @namarappucino : jadi lebih kamu nikah dulu sekarang hehe

    ReplyDelete
  30. @heri clingakclinguk : itu kan buat orang yang ndak pernah ketemu saya, tapi cuman lihat foto aja..klo kamu kan udah ketemu aku her..jd ya nggak berlaku buat kamu hehe

    ReplyDelete
  31. @yuud : klo css dan php ndak paham aku :))

    ReplyDelete
  32. postingan yang sangat menarik :)
    sangat bermanfaat.. ^_^
    keep posting yaa..

    ingin barang bekas lebih bermanfaat ?
    kunjungi website kami, dan mari kita beramal bersama.. :)

    ReplyDelete