Monday, September 26, 2011

Rampok Pulsa

Akhir akhir ini saya jadi heran dan bingung sendiri, kok pulsa saya cepet banget berkurangnya, padahal pemakaian untuk telepon atau SMS saya ndak mungkin sampe sebanyak itu. Awalnya saya mau kirim SMS, eh ternyata gagal terus, saya pun segera mengecek pulsa, taunya cuman tinggal 86 perak. Lhaaa pantesan.. Saya mencoba cek pulsa internet, barangkali karena pulsa internet saya habis, jadinya pulsa telpon saya ikut terpakai. Setelah saya cek, ternyata pulsa internet saya masih ada.,hmm

“Tangan sampeyan kegatelan kali mas, ikut-ikutan ketik REG spasi WETON gitu, kayak di iklan-iklan di TV itu” komentar Kang Bejo saat makan siang di warteg langganan kami.

“Ndak pernah Kang, kemarin sih sempet terima sms gitu-gitu, tapi kan saya diemin aja, ndak pernah saya bales, malah langsung saya hapus, Jadi kayaknya ndak mungkin deh  gara-gara itu Kang” jawab saya 

“Dibuat mainan anak sampeyan kali?” lanjut Kang Bejo

“Ngawur, wong anak saya masih bayi, mana bisa mainan HP” jawab sayasedikit  kesal

“Coba tanya istri sampeyan dulu, barangkali di pake nelpon tanpa sepengetahuan sampeyan” saran Kang Bejo

“Udah Kang, katanya dia ndak pernah make  kok” jawab saya


Karena ada perlu, sore harinya saya kembali mengisi pulsa, baru beberapa detik kemudian  saya kembali menerima sms dari nomor 9090,wah jangan jangan 9090 ini biang keroknya, kata saya dalam hati. Saya pun mencoba untuk cek pulsa, wah ternyata bener, pulsa saya langsung berkurang dua ribu perak. Asyemm…

SMS yang saya terima dari 9090 itu berisi  info game, selain info ada beberapa sms juga  memberikan link untuk download game-game yang ditawarkan. SMS -SMS yang pernah saya terima dari 9090 antara lain :

“GAME Electronict Arts yang mengembangkan Game Dante’s Inferno untuk konsol next-gen..Untuk cerita lengkap. Klik:http://lada2.com/story.php”

“GAME Capcom merilis Bionic Commando untuk PS3,Xbox&PC. Ayoo download GAME SERU untuk kamu. Klik:http://lada2.com/ea”

Buat saya info-info itu ndak ada gunanya, jangankan bayar, dikasih gratis pun saya juga ndak mau. Ndak mau kehilangan lebih banyak lagi pulsa, saya pun segera menghubungi Contact Center IM3 di nomor 100 melalui Handphone, setelah berkali kali pencet tombol telepon dan mendengar ocehan mesin operator yang cukup lama, saya pun terhubung dengan seorang Customer Service yang mengaku bernama Arif.

“Mas, dari kemarin kemarin saya terima sms terus dari 9090 nih, dan setiap saya terima sms pulsa saya terpakai Rp. 2000, sehari saya bisa terima 3-5 kali lho mas” Keluh saya kepadanya.
   
“ Apakah bapak Sigit pernah mendaftar atau membalas sms tersebut pak?” tanya dia

“Ndak, ndak pernah sama sekali mas, malah saya biasanya saya langsung hapus” jawab saya ketus

“Baiklah bapak, untuk berhenti dari layanan tersebut bapak ketik UNREG kirim ke 9090, nanti bapak dapat balasan lagi dari 9090 ”kata dia

“UNREG aja mas? Ndak pake spasi terus kata apa gitu? spasi RAMPOK atau spasi MALING gitu misalnya”

“Cukup UNREG aja pak, dan ini prosesnya  1x24 jam, bila lebih dari waktu itu bapak terima sms dari 9090 lagi bapak bisa menghubungi kami lagi” jawab dia
   
“ Ok terima kasih” kata saya menutup pembicaraan.

Saya pun langsung mengikuti petunjuk dia dan mengetik UNREG dan mengirimkannya ke 9090. Anehnya, walaupun status SMS nya delivered, saya ndak pernah mendapat reply sama sekali. Paginya saya kembali menerima SMS serupa, dan saya pikir ini masih belum 1X24 jam sejak saya menelpon kemarin.  Oke saya masih bisa menunggu, kata saya dalam hati.

Iseng-iseng saya bertanya pada dukun ampuh dunia maya yang tahu segalanya, Si Mbah GOOGLE,  katanya: ketik UNREG GAME lalu kirim ke 9090. Saya pun mencoba mengikuti petunjuk Si Mbah, dan ternyata lagi lagi ndak ada balasan dari 9090. Wah jangan jangan salah nih Si Mbah, saya liat sih memang tanggal postingan artikelnya udah setahun yang lalu, mungkin saja mereka udah menggantinya terlebih dahulu ketika banyak orang yang berhasil berhenti  dengan melihat artikel itu.

Si Rampok ternyata makin menjadi-jadi, SMS  yang biasanya hanya di kirim pagi atau siang hari, tapi kali ini  jam tiga dini hari pun saya bisa dikirimi,  kebetulan Ringtone SMS di Handphone saya  setting untuk repeat, artinya hp saya akan terus menerus berbunyi sampai SMS tersebut dibuka, walhasil malam itu saya terbangun.,makin kesal saya dibuatnya.

Penasaran dengan alamat website www.ladalada.com yang diberikan di tiap sms, saya pun mencoba menelusurinya. Saya bertanya lagi ke Mbah Google barangkali ada nomor telepon Costumer Servicenya, kata Si Mbah : Nomor CS nya 021-78831001. Wah makasih mbah..saya pun  mencoba menelpon nomornya dan berharap bisa menumpahkan kekesalan saya padanya. Ketika telah terhubung, telepon dijawab oleh mesin operator.

“Selamat Datang di PT. Korijawa, layanan SMS terbesar dan terpopuler di Indonesia, untuk menghentikan layanan kami ketik UNREG kirim ke nomor 9090 atau 9554 atau 4205, untuk bantuan Costomer Service tekan 9“,..udah lama nunggu, ternyata ndak ada satu seorangpun yang mengangkatnya ,malah kembali ke mesin operator. Saya ulangi sampai tiga kali, ternyata hasilnya tetap NIHIL.

Untuk langkah preventif saya mencoba pergi ke Android Market dan mencari aplikasi yang bisa memblokir panggilan atau sms yang ndak diinginkan. Menurut logika saya, pulsa akan terpotong apabila sms sudah kita terima, kalau belum diterima berarti ya pulsa kita ndak akan terpotong. Semoga aja berhasil, kata saya dalam hati. Setelah mengetik keyword “SMS Blocker” saya mendapat beberapa aplikasi serupa di market, saya pun memilih aplikasi bernama “Blacklist”.
Setelah berhasil menginstallnya, ndak beberapa lama ada notifikasi dari Blacklist bahwa ada sms dari 9090 yang telah di blokir, tapi sayangnya walaupun sms sudah terblokir, pulsa saya masih tetep aja terpotong

Untuk kedua kalinya saya kembali  menelpon dan diterima oleh Customer Service yang mengaku bernama Ria, dia meyakinkan pada saya bahwa layanan sms dari 9090 sudah dia hentikan dan waktu prosesnya tetep 1x24 jam, ternyata malam harinya (tepatnya jam 1 dini hari) saya masih saja menerima SMS serupa. Dengan kekesalan yang semakin memuncak, untuk ketiga kalinya saya kembali menelpon dan diakhir pembicaraan  saya katakan kalau besok masih ada sms lagi dari 9090 maka saya ndak akan segan untuk menulis komplain saya ini ke media.

Belum selesai urusan dengan 9090 ternyata hari itu saya menerima sms sejenis. Kali ini dari nomor  3151. Isi smsnya “ Selamat anda dapat content GRATIS. Km dpt sms tips motivasi dan kecantikan 2sms/hr 2rb/sms. Stop UNREG AURA kirim ke 3151 CS:0217807533”. Saya kembali mengecek pulsa , ah sialann..ternyata  pulsa saya di rampok lagi.

Saya mencoba membaca dengan seksama SMS tersebut, ternyata disitu ada info bagaimana cara berhentinya, caranya ketik UNREG AURA dan kirim ke 3151. Saya pun segera mengirimkan sms berhenti itu. Hasilnya, tidak beberapa lama  saya dapat balasan “Anda telah berhenti dari layanan content berlangganan AURA, terima kasih atas partisipasi anda” ahh.Alhamdulillah kali ini berhasil.

Dari isi SMS 3151 tersebut, akhirnya saya menemukan jawaban kenapa tiba-tiba pulsa saya terkuras abis kemarin. Apabila di baca dengan seksama isi SMS dari 3151 diatas, maka orang yang sudah menerima SMS dianggap telah menerima dan setuju untuk memperoleh konten dari mereka, kalau ndak setuju dan mau berhenti, mereka harus segera membalas dan mengetik UNREG. Kalau ndak segera membalas dengan mengetik UNREG, maka konsumen dianggap telah setuju untuk mendapatkan SMS, kalau sudah setuju tentunya provider akan terus menerus mengirimi SMS.

Tapi sayangnya, banyak konsumen, termasuk saya, tidak menyadari akan hal itu, ketika mereka menerima SMS Premium, biasanya mereka cenderung mendiamkan saja SMS-SMS itu, atau bahkan mungkin langsung dihapus tanpa membacanya terlebih dahulu. Mereka pikir selama mereka tidak membalas SMS, mereka tidak akan  terdaftar pada SMS Premium, padahal menurut provider salah.

Mungkin kejadian yang saya alami adalah modus baru yang dipakai oleh operator telepon seluler dan provider-provider SMS Premium untuk melakukan penipuan kepada konsumen. Mungkin dulunya hanya sedikit orang yang benar benar tertarik tertarik dan secara sukarela mendaftarkan dirinya untuk mengikuti SMS-SMS Premium, tetapi ternyata sekarang banyak dari yang sadar bahwa mereka tertipu. Karena jumlah konsumen yang semakin sedikit itu lah, hingga akhirnya provider memanfaatkan segala cara  demi mengejar keuntungan semata.

Bayangkan apabila  setiap orang dikirim 3-5 SMS Premium per hari, kalikan dengan ada berapa juta orang jumlah pengguna telepon seluler di Indonesia. Terbayang kan berapa banyak jumlah pulsa hasil rampokan mereka setiap harinya.

Mbah Google menyarankan saya untuk melakukan pengaduan  kepada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ke nomor telp 0815-89-30000 atau ke nomor 021-3154971 atau melalui website BRTI di alamat http://www.brti.or.id. Tetapi anehnya, pada saat akan mengisi Form  Pengaduan Layanan ternyata operator Indosat ndak ada dalam menu pilihannya, padahal nama operator telepon yang lain seperti Axis, Esia, Mobile-8, Smart, Telkomsel, Three, XL  ada semua. Aneh..

Kemudian saya mencoba untuk menelpon ke nomor 0815-89-30000, hasilnya??tulalit alias ndak bisa dihubungi.  Kemudian saya mencoba telepon ke  nomor  satunya lagi, hasilnya?? Ndak ada yang mengangkat..Lah terus saya mau ngadu ke siapa lagi??  Barangkali sampeyan punya nomornya bapak presiden ?

Dari pengalaman saya diatas, mungkin ada beberapa hal yang bisa sampeyan lakukan agar bisa meminimalisir resiko seperti yang telah terjadi pada saya. Pertama , berhati hatilah apabila sampeyan menerima sms dari  provider sms premium (biasanya hanya terdiri dari 4 digit angka), pastikan sampeyan telah membacanya dengan lengkap dan telah mengerti isinya, apabila diperlukan segera balas dengan melakukan penghentian sesuai dengan perintah yang ada.

Kedua , apabila saat ini sampeyan sedang menjadi korban sms premium , maka segera hubungi Costumer Service Operator Kartu sampeyan, untuk IM3 bisa melalui telp 021-5438 8888 atau tekan Nomor 100 dengan biaya Rp.400,-/telepon. Untuk operator yang lain bisa tanya kepada Si Mbah Google.

“Ayo balik Kang, udah siang,waktunya mburuh lagi, ntar dicariin pak mandor ” kata  saya

“Waduh mas, sik sik..” kata Kang Bejo dengan wajah panik

“Ono opo tho Kang?” tanya saya penasaran

“Dompetku ketinggalan, tolong sampeyan bayari ya” kata Kang Bejo sambil memasang muka memelas

Yahhhh..kena rampok lagi deh..


13 comments:

  1. wah dapat pelajaran baru aku jadinya, memang malas membaca lebih lanjut boro boro menindaklanjuti isi sms premium. Hidup ini padahal sudah berat dipulsa, apalagi buat yang LDR an macam aku, nah ditambah pula dengan rampok pulsa macam ini, makin beratlah, tapi untung dapat penangkalnya dari Om Seagate. Terima kasih :D

    ReplyDelete
  2. apa pula itu LDR son?baru denger aku kata itu.

    ReplyDelete
  3. di telkomsel kayaknya lebih aman dari tawaran REG-REG-an ini, atau itu cuma perasaanku aja ya? :D

    LDR itu Long Distance Relationship, alias pacaran jarak jauh, git :D

    ReplyDelete
  4. hohoho, baru taw jg ak, kekna bener nih, terkadang pulsa berkurang shabis dpt sms yg tiba2 ada namanya pdhl g ke save di kontak, nice ..

    ReplyDelete
  5. heri : klo kata mbah google sih kayanya semua operator kartu sama aja her, mereka jg kerjasama dengan provider sms premium, kalau kamu belum pernah ngalamin ya sekali-kali ntar dicoba hehe

    owh LDR itu toh maksdnya, berarti sama dong sama si erikson, tadinya LDR itu kirain merk multivitamin yang di iklan-iklan itu hehe

    ReplyDelete
  6. berkejaran : iya ati-ati bro, apalagi kalo udah tanggal tua gini, bisa makin repot jadinya hehe

    btw sampeyan ikutan LDR juga nggak ky si erikson dan heri? xixixi

    ReplyDelete
  7. Wah, aku kok merasa dirampok juga ya...??? Sumprit

    ReplyDelete
  8. korban juga ya rid? salaman dulu deh hehehe
    btw thanks ya rid, udah mampir kesini :)

    ReplyDelete
  9. Saya sangat senang, pemerintah akhirnya menindak tegas layanan SMS Premium ini. :(

    ReplyDelete
  10. Matur nuwun Mas Seagate dan Kang bejo atas ilmunya. Belum lama saya juga kena kasus yg hampir sama. Ceritanya ndaftar paket internet unlmtd sebulan 20rb di xl. Proses sdh selsai tp ga ada konfrmasi, lalu saya cek trnyata pulsa sdh berkurang 20rb. anehnya, untk intrnetan, paket itu ga kpkai, tp nyedot sisa pulsa yg ada. Huuhhh.. trauma deh

    ReplyDelete
  11. @mas Irham : sama sama mas, yang penting ati-ati aja sekarang, udah banyak konsumen yang dirugikan :)

    ReplyDelete
  12. thanks for information 👍😊

    ReplyDelete