Tuesday, May 15, 2012

Kuliah Gratis, Mau?

Sampeyan tentunya sudah sering mendengar nama perguruan tinggi kedinasan seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) maupun perguruan tinggi kedinasan lainnya. Bagi sampeyan yang saat ini telah menyelesaikan pendidikan setingkat SMU dan belum memutuskan kemana akan melanjutkan kuliah, maka kuliah di perguruan tinggi kedinasan bisa menjadi alternatif pilihan selain kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Perguruan tinggi kedinasan merupakan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah baik kementerian maupun non-kementerian yang dibentuk dengan tujuan untuk menyediakan tenaga kerja yang siap pakai, memiliki skills dan kompetensi yang handal sesuai dengan kebutuhan bidang pekerjaan masing-masing lembaga pemerintah yang menaunginya. Umumnya perguruan tinggi kedinasan menggratiskan biaya pendidikannya, namun ada juga beberapa perguruan tinggi kedinasan yang masih memungut biaya, meskipun begitu jika dibandingkan dengan biaya kuliah pada perguruan tinggi negeri maupun swasta, biaya kuliah di perguruan tinggi kedinasan biasanya masih jauh lebih murah.

Selain gratis biaya pendidikan, keuntungan lain yang diperoleh para lulusan perguruan tinggi kedinasan adalah mereka akan mendapatkan penempatan kerja pada instansi pemerintah dimana tempat perguruan tinggi kedinasan tersebut bernaung. Sebagai contoh, lulusan STAN nantinya akan ditempatkan untuk bekerja di Kementerian Keuangan, lulusan IPDN nantinya akan ditempatkan untuk bekerja di Kementerian Dalam Negeri, begitu juga dengan lulusan STIS yang nantinya akan ditempatkan untuk bekerja di Badan Pusat Statistik.

Di tengah makin tinggi dan mahalnya biaya pendidikan di Indonesia seperti sekarang ini, keberadaan perguruan tinggi kedinasan menumbuhkan harapan besar bagi para pelajar di Indonesia untuk bisa menuntut ilmu dan mendapatkan pekerjaan yang layak setelah lulus, terutama bagi pelajar yang kurang mampu secara ekonomi. Ndak dapat dipungkiri bahwa label “kuliah gratis” dan “jaminan kerja” yang ditawarkan beberapa perguruan tinggi kedinasan menjadi daya tarik yang sangat menggiurkan. Oleh karena itu, ndak terlalu mengherankan jika jumlah pendaftaran perguruan tinggi kedinasan sangat besar meskipun mereka juga menyadari bahwa kuota untuk jumlah mahasiswa yang diterima sangat sedikit, STAN misalnya, jumlah pendaftarnya mencapai ratusan ribu orang namun yang presentase yang diterima sangat kecil, masih dibawah 3% dari total pendaftar (data selengkapnya bisa sampeyan liat disini
   
Berikut saya sampaikan daftar nama-nama perguruan tinggi kedinasan yang ada beserta link website resminya. 
  1. SekolahTinggi Akuntansi Negara (STAN)  
  2. InstitutPemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 
  3. SekolahTinggi Ilmu Statistika (STIS) 
  4. SekolahTinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
  5. SekolahTinggi Penerbangan Indonesia (STPI) 
  6. SekolahTinggi Transportasi Darat (STTD) 
  7. SekolahTinggi Perikanan (STP) 
  8. SekolahTinggi Ilmu Administrasi dan Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) 
  9. SekolahTinggi Energi dan Mineral (STEM)
  10. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (ST3)
  11. Sekolah Tinggi Manajemen Industri(STMI)
  12. Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial(STKS)
  13. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional(STPN) 
  14. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir(STTN) 
  15. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)
  16. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung(STP Bandung) 
  17. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian(STPP)
  18. Akademi Kepolisian (AKPOL) 
  19. Akademi Angkatan Udara (AAU)
  20. Akademi Angkatan Laut (AAL)
  21. Akademi Militer (AKMIL)
  22.  Akademi Ilmu Kemasyarakatan (AKIP) 
  23.  Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG)
  24.  Akademi Imigrasi (AIM) 
  25.  Akademi Pimpinan Perusahaan (APP)
  26.  Akademi Teknologi Kulit (ATK) 
  27.  Akademi Kimia Analis Bogor (AKABogor) 
  28.  Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan

Bagi sampeyan yang ingin kuliah di salah satu perguruan tinggi kedinasan diatas, maka pertama-tama sampeyan sebaiknya mencari informasi mengenai profil mereka terlebih dahulu, apa visi dan misi sekolah, apa saja yang akan di pelajari, apakah di kenakan biaya atau gratis, bagaimana sistem pendidikan yang berlaku, dan yang ndak kalah penting adalah bagaimana prospek lulusan di masa yang akan datang. Hal ini penting agar sampeyan ndak merasa “salah jurusan” saat sudah diterima di kuliah disana. Jika telah merasa sreg dan mantap untuk kuliah disana, ya monggo silahkan untuk mendaftar :)

Jika telah memutuskan untuk mendaftar, hal kedua yang perlu sampeyan lakukan adalah mencari informasi bagaimana proses seleksinya dan bagaimana tipe soal yang akan di ujikan. Sampeyan bisa menanyakannya  kepada orang-orang yang telah kuliah disana atau orang-orang yang telah mengikuti ujian sebelumnya,  sampeyan juga bisa membeli buku yang berisi kumpulan soal-soal di tahun sebelumnya yang biasanya di jual di kampus kampus mereka. Informasi ini penting karena ibarat maju ke medan pertempuran, paling ndak sampeyan “udah tau medan” dan telah mempersiapkan “senjata” yang tepat untuk menyelesaikan soal-soal yang diujikan.

Ketiga, tetap fokus pada tujuan dan percaya pada kemampuan diri. Sampeyan bisa membuat jadwal belajar secara teratur dan berusahalah untuk menjalankan dan mematuhi jadwal yang telah sampeyan buat itu. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, tentunya cara belajar dengan metode SKS (Sistem Kebut Semalam) sangat ndak dianjurkan, dengan proses belajar yang rutin dan intens dilakukan maka peluang sampeyan untuk diterima bisa semakin besar.

Keempat, Jaga kesehatan dengan makan dan tidur yang cukup terutama saat beberapa hari menjelang ujian, apa gunanya sampeyan belajar keras sebulan sebelumnya namun pada saat ujian ternyata kondisi badan sampeyan kelelahan dan ndak “siap tempur’.  Oleh karena itu, jika sampeyan  berasa capek belajar ya berhenti dulu, jika berasa ngantuk ya tidur dulu. Intinya istirahat cukup dengan tetap memperhatikan asupan gizi, tapi jangan terlalu berlebihan juga kalau makan, bisa –bisa sampeyan malah ngantuk waktu ujian :D

Kelima, berdoalah kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa agar bisa masuk dan diterima, manusia hanya bisa berusaha namun bagaimanapun juga keputusan ada di tangan Allah. Jangan lupa juga untuk minta ridho dan doa  restu dari kedua orang tua, karena seperti kata pepatah, ridho Allah adalah ridho orang tua.

Selamat berjuang..Semoga sukses :)
 
“A success comes not only from the cleverness, but also from the passion to success, commitment to work hard, and the courage to believe yourself”

60 comments:

  1. Informasi ini sangat penting dan brharga, Mas. Nanti aku sampaikan ke adik ato keponakanku yg lulus SMA. makasih ya, Mas.

    ReplyDelete
  2. wah ternyata diindonesia banyak kul gratis yah?? ko aku g tau,, taunya yg 3 teratas,, coba klo tau dr dulu,, hmm tp g pk tas kan ujian trakhirnya??? cz akdpt kabar ada yg bgt,, udah rahasia umum y,,
    tulisan kali ini g ada kang bejo y,, ky tips hehe

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya, ponakanku baru akan masuk SMA tahun ini. Tapi info ini tetap penting. nanti pasti kusampaikan padanya :)

    Makasih juga udah berkunjung ke blog saya...

    ReplyDelete
  4. wah ternyata banyak ya.. Jd bs milih yg sesuai minat. Infonya pas bgt nih. Adikku kbetulan br mo daftar2 jg. Nyari yg gratisan.. hehehe..

    eh btw kang bejo lg pulang kampung ya? kok ga keliatan :D

    ReplyDelete
  5. Hihi kok ra ono dialog-e mas?
    Udah gratis kuliahnya ada juga yang dikasih sangu perbulan lagi hihi :D

    ReplyDelete
  6. berharga banget info kyk gini buat para guru dan siswa SMA

    ReplyDelete
  7. Cuma pengen STAN sih. Tapi dapet kabar buat tahun ini D3nya nggak buka. Dan di STAN sudah nggak dapat uang saku

    ReplyDelete
  8. ikut menyimak ya sahabat, salam kenal dari saya

    ReplyDelete
  9. wah saya izin share ya pak, buat temen-temen :D

    ReplyDelete
  10. iya sih.. denger2 emang gitu.. denger2 emang gratis karna dibayarin pemerintah

    eh blooger namanya dihas enrico itu kan juga lulusan STAN mas.... ^^

    ReplyDelete
  11. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  12. @Mas Irham : Ok mas, semoga keponakan atao adiknya ada yang berminat kuliah gratisan :)

    ReplyDelete
  13. @Sri : Mungkin kurangnya publikasi dari kampus kampus sekolah kedinasan atau bisa juga sampeyan yang kurang banyak brwosing hehe

    Kang Bejo sementara absen dulu, kangen ya =))

    ReplyDelete
  14. @Mbak Dewi : Makasih mbak, semoga bermanfaat info ini, makasih juga udah berkunjung :)

    ReplyDelete
  15. @Mbak Cova : Moga aja bisa masuk mbak adiknya, emang dimana-mana kalo gratisan itu enak hehe

    Hahaha ternyata ada lagi yang nyariin Kang Bejo, sementara ini cuti dulu katanya, mau cari wangsit dulu :D

    ReplyDelete
  16. @Una : Iya, Kang Bejo cuti dulu hehe
    enak tho.wis kuliah gratis, ndak bayar malah dibayarin lagi hehehe

    ReplyDelete
  17. @Ratri : Nanti lebih baik nunggu pengumuman resminya aja, karena kan smuanya masih belum pasti..good luck ya :)

    ReplyDelete
  18. @Nuryan Ayu : monggo silahkan, semoga bermanfaat:)

    ReplyDelete
  19. @Nuel : Bukan denger2 lagi, emang itu beneran gratis dan dibayarin pemerintah, oh ya? siip ong klo gtu :)

    ReplyDelete
  20. Dulu saya pengen tuh ikut ikut sekolah kedinasan, tapi karena saya lulus jalur bebas tes, jadi ga sempat ikut2 tes sekolah kedinasan. Dulu, pengen banget masuk STAN heheheh

    ReplyDelete
  21. blognya keren...

    salam kenal, ini pertama kalinya saya berkunjung ke blog ini…
    kalau berkenan silahkan mampir ke blog saya, follow juga boleh… :D

    ReplyDelete
  22. Taunya cuman 3 teratas yang gratis..
    ternyata banyak juga yaa..

    Dulu pernah nyoba di STAN,dan ga jebol..
    hehhe...

    ReplyDelete
  23. Enak nih, kuliah gratis, pekerjaan terjamin, tapi ya emang harus pinter dong ya...

    Kirain tadi ada kuliah gratis buat emak2 hahaha....

    Nanti deh aku juga ikutan review kuliah gratisan ala Mayya ^^V

    Thanks ya infonya mas, manatau ntar Little Bee udah mau kuliah dia tertarik 0_0

    ReplyDelete
  24. emang gratis sobat di STAN tapi cara masuknya ituloh yang susah butuh perjuangan...

    ReplyDelete
  25. kepengen banget bisa masuk akpol sobat, hehehhe

    ReplyDelete
  26. mmm bagus ni mas untuk siswa-siswa sy yang baru lulus....ijin sharing di blog juga....

    ReplyDelete
  27. wah kok baru tau ada akademi teknologi kulit? itu belajar tentang kulit? ato apa yak?

    ReplyDelete
  28. wah emang mantap nie sekolah kedinasan, menjadi pilihan yang pantas karena hasil yang di berikan pun baik. namun juga ya banyak loh yang suka, jadi persiapkan matang matang, supaya bisa masuk sana. bukan begitu bang?

    ReplyDelete
  29. apakah siapa saja boleh ikutan sob? ujung2nya duit lagi.

    ReplyDelete
  30. @Cipu : Kalo ikutan stan mungkin udah masuk ya mas, hebat euy bisa lulus melalui jalur bebas tes :)

    ReplyDelete
  31. @Aninda : makasih udah berkunjung :)

    ReplyDelete
  32. @Anis : ya coba lagi, kalo ga jebol juga coba pake bom aja =))

    ReplyDelete
  33. @Mbak Mayya : Sepertinya ndak sekedar pinter aja mbak, faktor keberuntungan juga sangat berperan :D

    ReplyDelete
  34. @Asis : Ya kalah menang coba dulu mas, kalo skerang daftar masih bisa ndak?jangan-jangan umur dah maksimal =))

    ReplyDelete
  35. @Arya devi : Monggo silahkan di share, jangan lupa di kasih tau juga link nya :)

    ReplyDelete
  36. @Audrey : sepertinya ya gitu, belajar cara pengolahan kulit. untuk lebih jelas, silahkan berkunjung langsung ke website resminya aja :)

    ReplyDelete
  37. @cerita anak kost : yup..cerdas juga nih, knp ndak ikutan daftar juga :)

    ReplyDelete
  38. @spectra : siapa aja boleh asal memenuhi persyaratan sob, setau saya di STAN murni sob, tanpa ada "main mata", kalo di perguruan tinggi kedinasaan yang lain saya kurang tau juga, tapi husnudzon billah ndak ada yang curang seperti itu :)

    ReplyDelete
  39. STAN gratis...
    tp tahun ini masih buka pendaftaran kah...??
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun ini sepertinya STAN libur dulu penerimaan mahasiswa barunya :)

      Delete
  40. Wah, coba aku dapet info ini 6 tahun lalu, Mas, mungkin bisa ngerasain bangku kuliah hehe

    Iya bener banget, biaya pendidikan makin mahal aja di Indonesia, sayang bagi siswa yang mempunyai otak mumpuni namun ekonomi kurang, jadi info ini bener-bener bermanfaat bagi adik-adik yang ingin kuliah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake mesin waktunya Doraemon aja, biar bisa kuliah di sana :D

      Delete
  41. mampir lagi sobat untuk mencari info kuliah gratis sobat...

    makasih infonya sobat...

    ReplyDelete
  42. Wouuuw, banyak sekolah gratis dan peluang utk meneruskan kuliah sangat terbuka lebar. Dulu saya hanya familiar dengan STAN, IPDN [dulu APDN jika gak salah] dan yg akademi militer itu. Selebihnya baru tahu belakangan ini.

    Jd sangat 'miris' jika masih ada yg bilang kesulitan utk kuliah karena menurut saya itu soal kemauan diri. Di era informasi yg semarak, tentu sangat mudah utk mengakses jalur-jalur sekolah yg gratis [bahkan dpt uang saku bulanan yg kadang nominalnya lbh besar dr gaji org yg bekerja]

    ReplyDelete
  43. wow, komplit. banyak bener ternyata. ckckkckck

    ReplyDelete
  44. banyak pilihan....apalagi gratis....sapa yg bakalan nolak.

    ReplyDelete
  45. jadi pengen kuliah lagi :(

    ReplyDelete
  46. selagi saya masih kelas 2 sma ni,
    "biasa anak muda suka menjelajah dan cari tahu" , mau tanya ni tolong di balas ya om dan tante juga saudara sekalian
    biasanya tamatan sekolah tinggi kesejahteraan sosial di tempatkan dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari info yang saya dapat dari website resminya, sepertinya banyak peluang, alumniSTKS Bandung tersebar di berbagai instansi pemerintah (kemensos RI, Kemendagri RI, KemenkeS RI, Kemendiknas RI, Kepolisian, TNI, dll.) pemerintah daerah, swasta maupun lembaga-lembaga internasional (UNICEF, UNDP, Save The Children, Plan International, dll.).

      Delete
  47. gan klo qta ikutt perguruan tinngi kedinasan di luar daerah ujian ny jg di luar daerah yaa, ?
    pndtrn ny online gk, ?

    ReplyDelete
  48. Andi ajuardi pebruari 23, 2013 at 9: pm



    setelah baca informasi ini saya sebenarnya kepingin mas kuliah secara gratis tp apa ada tempat itu di karawang karena saya ini seorang buruh pabrik...

    ReplyDelete
  49. mantab nih info nya, makasih bgt.
    nb nh, klo perlu beasiswa bisa berkunjung ke blogku, http://unduhbeasiswa.blogspot.com

    ReplyDelete
  50. sengat berguna sekali.. makasih yaa ..

    ReplyDelete
  51. MAKASIH INFONYA http://sangmancunian.blogspot.com/

    ReplyDelete
  52. aku pengen kuliah tapi msih kelz 2 smk,,,
    tpi informasi ini berharga bnget buat aku,,,
    thanks ya,,,

    ReplyDelete
  53. Perbanyak deh org publisher like this.
    Bantu org nemu informasi ^^

    Kalo punya informasi kaya tipe soal biasa buat ujia, brp soal, n brp waktunya.. Tolong kabar2in y... Trimakasih :-)

    ReplyDelete
  54. nonton bola final liga champion 2014 barca vs juventus,, sido mampir rek..??

    ReplyDelete