Thursday, February 23, 2012

My Awards

Tahukah sampeyan apa nama acara penghargaan musik terbesar di Amerika yang diberikan kepada para musisi internasional? Bagi sampeyan yang mengikuti perkembangan musik atau suka mendengarkan lagu-lagu barat tentunya dengan mudah bisa menjawab pertanyaan itu. Kalau dalam bidang perfilman ada Academy Awards atau sering juga disebut sebagai piala Oscar, maka dalam bidang musik,  penghargaan terbesar bagi para musisi internasional itu adalah Grammy Awards. Pada tahun ini Grammy Awards telah digelar di Staples Center, Los Angeles, Amerika pada hari Minggu tanggal 12 Februari 2012 kemarin.

Bagi sampeyan yang kebetulan juga menonton siaran ulangnya di salah satu TV swasta tanah air, tentu tahu sendiri betapa ramai dan megahnya acara yang bertajuk The 54th Grammy Awards itu. Deretan musisi dunia tampil memukau dan seolah menyihir para penonton yang hadir. Bahkan sebelum acara dimulai pun, para pemburu berita dan fotografer dari berbagai media telah bersiap siap, seakan ndak mau melewatkan sedikit pun momen saat para artis dunia itu berjalan melewati karpet merah. Mulai dari sepatu, topi, model pakaian yang dipakai, hingga dengan siapa mereka datang pun bisa menjadi bahan berita buat mereka.

Grammy Awards tahun ini seakan menjadi milik band The Foo Fighters dan penyanyi asal inggris, Adele,  yang sama-sama meraih enam penghargaan atas berbagai kategori. Tepuk tangan dari seluruh penonton terdengar saat lagu "Rolling in The Deep" dinobatkan sebagai Song of The year, orang-orang disekelilingnya pun langsung berdiri dan bergantian memberikan ucapan selamat kepadanya. Sang artis pun segera bergegas menuju podium dan sesekali melambaikan tangannya ke penonton, rasa bangga dan bahagia jelas terpancar dari wajahnya saat itu.
 
 "I might be a little emotional. My life changed when I wrote this song, I need to thank my doctors  who brought my voice back." ungkapnya saat itu, kalau saya ndak salah denger ya :))
 
“Halah halah…Katanya ndak suka acara infotaiment, lah sekarang malah cerita begitu, emangnya kenapa mas?pengen jadi artis juga? Ngaca dulu mas =)) ” sindir Kang Bejo saat kami menikmati makan siang kami di warteg langganan kami.
 
“ Hahaha mbok yo jangan gitu tho Kang, sebelum sampeyan nyuruh saya ngaca, saya udah sadar diri dulu Kang, dilihat dari mana pun saya akui saya emang ndak punya bakat  jadi artis hahaha” jawab saya sambil tertawa ngakak.
 
“Lha terus maksud sampeyan apa cerita-cerita kayak gitu?” tanya Kang Bejo penasaran
 
“Ya paling ndak, sedikit banyak saya juga bisa merasakan kebahagian yang mereka rasakan saat mendapat penghargaan atas hasil kerja keras dan usaha mereka itu Kang” jawab saya sambil tersenyum
 
“Halah, lebay, emang sampeyan dapat award apa?” Tanya Kang Bejo penasaran
 
Ternyata bukan hanya dunia para artis atau musisi saja yang bisa mendapatkan award, dalam dunia para blogger pun ada pemberian award semacam itu. Selain untuk terus mengobarkan semangat menulis, award ini diberikan juga sebagai bentuk penghargaan kawan-kawan blogger atas tulisan-tulisan yang telah mereka buat selama ini, dan alhamdulilah saya termasuk salah seorang yang beruntung untuk mendapatkan award itu.
 
Adapun award pertama yang diberikan kepada saya adalah award “Your Blog Make Us Smile”. Award ini diberikan oleh kawan blogger saya yang baik hati yaitu Mbak Cova dengan blog Runaway Diary nya. Kalau sampeyan suka dengan aktivitas travelling dan ingin tahu banyak tempat-tempat indah maka blog Runaway Diary adalah blog yang wajib sampeyan kunjungi. Selain info tentang travelling, sampeyan juga bisa mendapatkan banyak info dan pelajaran berharga dari pengalaman-pengalaman beliau sebagai seorang istri, seorang ibu dan sekaligus sebagai seorang wanita karir disana. 

Dilihat dari nama awardnya, “Your Blog Make Us Smile”, tentunya sampeyan sudah  paham apa maksud dan artinya, tapi untuk lebih meyakinkan dan mengobati rasa penasaran saya, saya pun lantas menanyakannya langsung tentang alasan beliau memberikan award ini kepada saya melalui Gtalk. Dan inilah jawabannya.
 
“Wah, kalau Mbak Cova nunggu tulisan sampeyan, berarti secara ndak langsung nungguin saya juga dong mas,” celoteh Kang Bejo saat itu
 
“Halah halah..Kok bisa-bisanya sampeyan buat kesimpulan sepihak seperti itu Kang?” Tanya saya terheran-heran
 
“Lho..gimana sih sampeyan iki, saya kan sering jadi aktor utama di tulisan-tulisan sampeyan, pastinya secara ndak langsung Mbak Cova kangen juga dong sama saya” jawab Kang Bejo
 
“Oh ya ngomong-ngomong  mbak cova itu cantik ndak mas??” lanjut Kang Bejo sambil nyengir.
 
“Hahahaha..Ge Er banget sih sampeyan iki Kang,wis  ndak usah tanya-tanya gitu, ntar kalo suaminya tau, bisa-bisa di smack down lho sampeyan nanti,  lagian badan cungkring kaya gini kok macem-macem :))” jawab saya sambil tertawa lepas.
 
“Asyemmm, mainnya fisik ik sekarang..” balas Kang Bejo sambil melahap sisa pisang goreng di depannya=))
 
Selain award “Your Blog Make Us Smile”, Mbak Cova juga memberikan satu award lagi kepada saya. Award kali ini bernama “The Versatile Blogger”. Saat saya dapat award itu, awalnya saya bingung apa maksud dan alasan pemberian award ini, lha wong saya aja belum pernah mendengar kata-kata itu sebelumnya :-?. Saya  pun mencoba bertanya kepada  Mbah Google tentang maksud kata versatile ini. Dan menurut si Mbah, kata versatile itu diberikan kepada someone who capable of or adapted for turning easily from one to another of various tasks, fields of endeavor.
 
Kalau menurut Mbak Cova, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kata Versatile Blogger berarti “Blogger yang serba bisa”. Mendengar kata serba bisa, saya kok jadinya pengen garuk-garuk kepala sendiri ya, mungkinkan Mbak Cova salah orang? Atau  biar saya seneng dan semakin semangat nulis aja? :D. Mungkin yang dimaksud“serba bisa” menurut Mbak Cova  ini lebih karena blog saya ini ibaratnya emang seperti blog gado-gado, ndak punya tema khusus, makanya tulisan-tulisan di dalamnya pun berisi topik yang beragam, mulai dari pengalaman masa kecil, pengalaman berkeluarga, hingga topik yang berkaitan dengan agama yang mungkin bagi sebagian orang dianggap sebagai topik yang agak berat dan sensitif. Insyaallah gitu ya mbak?:D 
 
Selain Mbak Cova, kawan blogger saya yang lain yaitu Mbak Mayya dengan Morning Raindrops nya, juga memberikan award serupa kepada saya. Kalau sampeyan berminat untuk belajar dan menulis dalam bahasa inggris atau suka dengan bacaan dalam bahasa Inggris, saya sarankan sampeyan untuk segera berkunjung ke blognya mbak Mayya ini. Namun kalu sampeyan yang ndak minat sama tulisan bahasa inggris juga ndak usah khawatir, disana juga ada tulisan-tulisan inspiratif yang ditulis bahasa Indonesia yang tentunya banyak memberikan manfaat bagi pembacanya.
 
Saat pertama kali berkunjung ke Morning Drops nya mbak mayya, saya sempat berpikir juga untuk ikut menulis dalam bahasa Inggris, bahkan saya sudah sempat memulai dan menterjemahkan tulisan saya kedalam bahasa Inggris, namun akhirnya saya pun mengurungkan niat saya itu. Ternyata menulis dalam bahasa Inggris ternyata butuh waktu lebih lama dari yang saya perkirakan, Lha wong blog yang pake bahasa Indonesia saja saya bisa update sebulan sekali, apalagi kalo saya nulis dalam bahasa Inggris?? Bisa bisa lumutan nih blog :D 
 
Kembali ke topik award tadi, berbeda dengan mbak cova yang mengartikan The versatile blogger sebagai blogger serba bisa, Mbak Mayya mengartikan versatile itu sebagai “serba guna”. Beliau menganggap tulisan-tulisan saya serbaguna, yaitu selain menambah pengetahuan, tulisan-tulisan saya juga dianggap bermanfaat bagi para pembaca. Oh ya???:) 
 
Sebagai seorang newbie blogger, ndak dapat dipungkiri bahwa memang jumlah tulisan saya memang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan blogger-blogger pada umumnya yang sering mengupdate tulisannya. Namun begitu saya tetap berusaha agar sebisa mungkin  semua tulisan-tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Biar sedikit tapi punya nilai lebih, mungkin itu bahasa sederhananya. Sebenarnya sudahbanyak ide-ide tulisan yang ada, namun karena saya menulis hanya ketika kerjaan agak longgar, jadinya kurang maksimal waktu untuk menulisnya. Saya menulis apa saja yang mampir dikepala, baik itu pengalaman pribadi maupun opini atau ide-ide dari perspektif saya sendiri.
 
Mungkin beberapa contoh tulisan yang dirasa bermanfaat seperti kata Mbak Mayya tadi adalah tulisan saya tentang pengalaman saat mengalami tindihan dulu, masyarakat pada umumnya menganggap bahwa tindihan itu disebabkan gangguan jin/setan, namun berdasarkan salah satu artikel bahasa Inggris yang kebetulan saya temukan, saya mencoba berbagi informasi itu dan menyampaikan penjelasan ilmiah atas fenomena tindihan itu agar ndak terjadi lagi salah persepsi tentangnya (tulisan selengkapnya bisa sampeyan baca disini).
 
Atau mungkin saat banyak orang diributkan dengan perbedaan penentuan Hari Raya Idul Fitri pada tahun 2011 kemarin, saya berusaha menyampaikan opini dan pendapat saya tentang penyebab terjadinya perbedaan itu berdasarkan sudut pandang agama maupun sudut pandang ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bahasa yang sesederhana mungkin, tujuannya tentu saja agar mereka yang baca bisa tahu dan paham permasalahan yang ada, ndak hanya cuman menyalahkan berbagai pihak saja (tulisan selengkapnya bisa di sampeyan baca disini).
 
Selain mendapat award dari Mbak Cova dan Mbak Mayya, saya juga mendapat award dari salah satu kawan blogger saya yang lain yaitu Hana dengan blog Rinai Hujan nya. Seorang mahassiwi dan juga seorang penggemar berat Band Efek Rumah Kaca ini memberikan saya award “The Seven Shadow”. Award ini diberikan kepada saya karena saya dianggap rajin mengunjungi dan meninggalkan komentar di blognya. Semakin sering saya mengunjungi blog Rinai Hujan nya, saya semakin tahu betapa baik dan mulianya hati adik saya yang satu ini :). Bagi sampeyan yang suka travelling, maka Rinai Hujan bisa menjadi blog yang bisa menambah referensi sampeyan untuk mengunjungi tempat wisata menarik di daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Mbak Cova, Mbak Mayya dan Hana yang telah memberikan award ini. Tentu saja saya sangat bangga dan berbahagia ketika mendapatkan award ini, selain untuk memotivasi semangat menulis, bagi saya award ini juga saya anggap sebagai bentuk perhatian dan usaha dari kawan-kawan untuk semakin mempererat tali persahabatan sesama blogger.
 
Sebelum resmi menerima award-award ini, ternyata ada lima pertanyaan yang harus saya jawab terlebih dahulu. Kalau di lihat sekilas sih sepertinya mudah saja pertanyaannya :D, oke langsung saja inilah pertanyaan dan jawabannya.
 
1. Siapa guru favoritmu? 
Sampai sekarang Insyaallah saya masih ingat nama-nama guru yang pernah mengajar saya dulu, meskipun pernah beberapa kali dihukum, tapi saya merasa hukuman itu diberikan sebagai bentuk rasa sayang seorang guru terhadap muridnya. Maklum dulu sempat bandel :))
Bu Tri, begitu biasa kami memanggilnya, beliau merupakan guru kelas saat saya duduk di kelas 6 SD, orangnya sabar, kalem dan telaten mengajari murid-muridnya. Alhamdulillah atas bimbingan beliaulah waktu itu saya meraih NEM tertinggi disekolah serta bisa mewakili sekolah dalam Olimpiade Matematika tingkat SD waktu itu B-)
 

Bu Widya, Guru Kimia waktu kelas 1 SMA, sebenarnya guru ini terkenal galak dan killer, itulah mengapa beliau banyak ditakuti oleh kawan-kawan dulu, termasuk saya sendiri :D. Tapi ternyata rasa takut itu memacu saya untuk terus belajar,hingga akhirnya nilai pelajaran kimia yang saya awalnya 6 bisa naik drastis menjadi 9 di caturwulan berikutnya. Berkat bimbingan Bu Waluyo, guru kimia kelas 3 jugalah yang bisa membuat saya mewakili sekolah untuk ikut Olimpiade Kimia tingkat SMA saat itu.
 
2. Apa makanan yang kamu sukai? Makanan yang tak kamu sukai?
Saya sebenarnya orang yang ndak terlalu milih milih soal makanan, apa aja disikat yang penting halal :D, tapi kalo ada makanan yang terbuat dari sayur pare,nangka dan jengkol ataupun olahannya, saya mending lebih memilih yang lain saja. Oh ya satu lagi..saya ndak suka durian.. aneh?? Tentu saja, tapi tenang aja, bukan cuman sampeyan aja yang berpendapat gitu kok..:D
 
3. Ceritakan pengalamanmu yang berkesan!
Pengalaman saat pertama kali Allah memutuskan saya menjadi seorang Ayah ( cerita selengkapnya bisa sampeyan baca disini)
 
4. Siapa cinta pertamamu?
Waktu kelas 4 SD ada murid baru pindahan dari sekolah lain, anaknya cantik dan kalem, dan sepertinya temen-teman yang lain pun banyak yang naksir sama dia
:-" tapi mungkin karena saat itu masih malu-malu dan ndak etis juga kalo kecil-kecil udah dibilang pacaran, makanya ya waktu itu cukup disimpan dalam hati aja :))
 
5. Who is your best friend?
Mamanya si Nizam :)

Nah udah selesai, ternyata cepet dan gampang kan :D
 
“Sampeyan mau ndak award dari saya mas?” tanya Kang Bejo kepada saya
 
“Udahlah, ndak perlu repot-repot juga untuk membalasnya, sekarang juga bisa” lanjutnya
 
“Lha kok tumben sampeyan baik ama saya Kang, gimana cara balesnya Kang? ” Tanya saya penasaran
 
“Cukup bayarin makan siang saya aja deh mas, saya lupa ndak bawa dompet  ” jawab Kang Bejo nyengir
 
Jiahhh…… :D

28 comments:

  1. waw.. waw.. aku terharu.. blogku dipromosiin disini. Aku tersipu.. krn ketauan deh muji2 kamu.. eh tulisan kamu.. hihi..
    eh tp bnran kok aku nunggu2 kang bejo, blgin ke dia yah, mbk cova tuh cantik loh.. hahaha.. :P

    hah.. kelas 4 sd dah suka2an ma cewek..?! hihihi..

    ReplyDelete
  2. Haduuuh...ini mah namanya promosi mas hahaha...
    Makasih ya akhirnya kelar juga dikerjain ^_^

    Titip salam lagi buat kang Bejo...

    ReplyDelete
  3. mantap awardnya, sukses terus mas
    oia salam kenal ya sekalian ijin follow blog ini :)

    ReplyDelete
  4. wah selamat ya mas sigit atas awardnya semoga makin sukses aja blognya :)
    Nice Award

    ReplyDelete
  5. @Mbak Cova : semoga jadi makin banyak pengunjung dan followernya ya mbak, wah bahaya nih kalo Kang Bejo jadi naksir sampeyan nanti hehe

    ReplyDelete
  6. wah mantap, makin jaya aja ni blog. ane nyorotin yang pelajaran kimia ah. klo ente dari 6 bisa jadi 9, hebat. ane juga dulu seneng gan pelajaran kimia, paling seneng malah. paling seneng klo ga ada gurunya.... hahaha, ane ga bisa gan, oon ane klo masalh itu. but, nice stori. panjang banget..

    ReplyDelete
  7. @Mbak Mayya : Sama sama mbak, nanti disampaikan salamnya :D

    ReplyDelete
  8. @Herry : Terima kasih udah berkunjung, nanti saya follow back juga

    ReplyDelete
  9. @Rama : Makasih atas doanya, makasih jg udah berkunjung :)

    ReplyDelete
  10. @anak kost : hahaha bisa aja ente gan, gurunya ndak galak sih, coba kalo galak kayak guru ane dulu, pasti rajin belajar jg lu gan =))

    ReplyDelete
  11. wah selamat ya... banyak banget awardnya

    ReplyDelete
  12. Sayur Pare saya masih suka, rasa pahitnya unik dan gimana gitu. Kata teman kok saya bisa suka wong rasanya pahit? Pahitnya pare kan mneyehatkan dan masih lebih pahit kalau makan lupa bawa dompet kok. hehehe

    ReplyDelete
  13. Serasa jadi artis beneran ya kang kalau dapet award. Meskipun dapatnya dari kawan blogger. Yah supaya tetap semangat menulis dan berkreatifitas kan sob. Paling tidak tulisan-tulisan kita ada yang baca dan di hargai ^_^

    ReplyDelete
  14. Kunjungan malam sobat,lama tak silaturahmi kemari
    Wihhh dapat tiga award sekaligus
    selamat ya sobat
    sukses selalu untuk blognya

    ReplyDelete
  15. selamat dan sukses untuk awardnya sobat, semoga makin maju lagi blognya...

    ReplyDelete
  16. selamat sob , maga makin sukses . lamken semua izin follo...:)

    ReplyDelete
  17. datang menyambung silahturahmi sobat, semoga makin sukses dengan adanya award ini sobat...

    ReplyDelete
  18. @choirul : Terima kasih udah berkunjung mas :)

    ReplyDelete
  19. @Mbak Ririe : meskipun sehat tp bagi saya ttp aja pahit mbak hehe tapi jadi makin pahit lagi kalo gak bawa duit hehehe

    ReplyDelete
  20. @Yitno : setuju banget sob

    @Rizki dan Asis : makasih atas doanya, makasih juga udah berkunjung

    @Insanyz : folback sukses :)

    @Mbak Atma : makasih mbak, jangan bosen-bosen main ya :)

    ReplyDelete
  21. hehe, makasih udah berkenan menerima award ini ^^

    ReplyDelete
  22. wah asik ni banyak dapat award..terus smngat menulis ya :)

    ReplyDelete
  23. wah selamat ya dapat award..terus semngat menulis..

    ReplyDelete
  24. bnyak bnget awardnya selamat yaa

    ReplyDelete