Sunday, August 26, 2012

Buku Gratis Leksika


Percayakah sampeyan kalo di kota ini ada toko buku yang memberikan buku gratis setiap harinya?ndak perlu repot ndak perlu ribet, ndak perlu diundi ataupun persyaratan macem-macem lainnya, cukup serahkan kartu identitas sampeyan yang masih berlaku untuk melakukan registrasi, maka secara otomatis sampeyan telah resmi terdaftar dan sudah bisa mengantri untuk mendapatkan buku gratis yang akan dibagikan.

“Ah mana ada jaman kaya gini ada yang mau ngasih gratisan mas, wong di sini orang kencing aja bayar, kalaupun ada yang ngasih gratis, pasti ujung-ujungnya nipu tuh mas” komentar Kang Bejo saat mendengar cerita saya

“Lah kok ndak percayaan sih sampeyan ini, wong kemarin itu saya udah buktikan sendiri kok, tinggal registrasi, ngantri, trus ambil bukunya deh“ jawab saya

“Lah kok enak banget mas, emang toko buku mana yang mau ngasih gratisan kayak gitu? Saya juga mau kalo gitu :D” Tanya Kang Bejo sambil meringis

“Makanya sekali-kali sampeyan itu jalan-jalan, wong tiap hari sampeyan itu lewat depannya masa ndak tau” balas saya

“Ah yang bener sampeyan ini, emang apa nama toko bukunya?” tanya Kang Bejo penasaran




Leksika, sebuah nama toko buku yang mungkin belum terlalu akrab di telinga sampeyan, wajar karena toko buku yang satu ini memang belum sebesar Gramedia ataupun Gunung Agung yang telah lama mendominasi pasar buku di Indonesia. Memang Toko buku Leksika ini baru didirikan pada tahun 2008 lalu,  namun  saat ini telah berkembang dengan membuka empat cabang lainnya  di Jakarta, salah satunya berada di Kalibata City Square, tempat dimana saya mendapatkan buku-buku gratis saya selama ini. (Untuk mengetahui lokasi dan alamat lengkap toko buku lainnya bisa sampeyan lihat disini)

Secara pribadi saya sangat mengapresiasi program pembagian buku gratis ini, karena tentu saja program ini bisa memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat baca dan mencerdaskan masyarakat. Dengan membaca, tentunya akan membuat pandangan kita  menjadi lebih terbuka terhadap hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya, melalui membaca pula kita bisa meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan kemampuan kita untuk berinteraksi sosial dengan lingkungan sekitar.

“Wis ndak usah banyak ngomong, itu cara dapetin buku gratisnya gimana?prosedurnya seperti apa?” tanya Kang Bejo

“Sabar tho Kang, sampeyan itu emang ndak sabaran kalo denger kata gratisan” jawab saya

“Kalo ndak seneng ama yang gratisan itu tandanya dia ndak normal mas :D” jawab Kang Bejo nyengir

Prosedur untuk mendapatkan buku gratis ini sangatlah mudah. Bagi sampeyan yang baru pertama kali datang, sampeyan harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan menyerahkan KTP atau identitas lain yang masih berlaku, setelah data dan identitas sampeyan telah diinput oleh petugas, maka secara resmi sampeyan telah terdaftar sebagai calon penerima buku gratis yang akan mereka bagikan. Sedangkan bagi sampeyan yang udah pernah registrasi sebelumnya, maka untuk pengambilan buku selanjutnya sampeyan udah ndak perlu registrasi lagi, sampeyan bisa masuk dan langsung ikut mengantri.

Sampeyan ndak perlu kuatir kalo buku gratis yang dibagikan adalah buku-buku lama yang ndak laku, semuanya buku baru dan masih terbungkus plastik lengkap dengan harganya, bahkan sering saya jumpai juga buku-buku yang sebelumnya dibagikan gratis ternyata masih dipajang dan dijual untuk umum juga. Lebih enaknya lagi, buku yang dibagikan pun berbeda-beda dan berasal dari berbagai macam genre, mulai dari buku anak, novel, sejarah,biografi bahkan buku yang menurut saya tergolong “berat” pun ada, sehingga program buku gratis ini bisa dinikmati oleh semua lapisan umur dan berbagai macam penggemar genre buku. Untuk mengetahui buku apa yang dibagikan pada hari ini dan bagaimana sinopsis singkatnya, sampeyan bisa Follow Twitter: @Leksika_KC atau join di  Facebook Fanpage : Leksika Kalibata City atau sampeyan bisa juga buka disini.


Perlu sampeyan ketahui bahwa pembagian buku gratis ini dilakukan selama dua sesi yaitu pada pukul 13.00 WIB dan pukul 19.00 WIB setiap harinya. Pada setiap sesi, buku yang dibagikan biasanya hanya sebanyak 10-15 buku saja, jadi prinsip “siapa cepat dia dapat” berlaku disini, maka dari itu sebelum sampeyan ikut ngantri, alangkah baiknya kalo sampeyan tanyakan dulu kepada petugas berapa jumlah buku yang akan dibagikan, setelah itu sampeyan hitung berapa orang yang sudah ngantri, kalo kira-kira sampeyan masih dapat ya silahkan antri, kalo sampeyan langsung ngantri takutnya sampeyan akan kecewa, karena udah terlanjur ngantri eh ternyata ndak kebagian bukunya :D

Demi pemerataan dan memberikan kesempatan yang lain maka pihak toko buku Leksika membatasi jangka waktu pengambilan buku gratis ini, bagi sampeyan yang telah mengambil buku hari ini, maka sampeyan diperbolehkan untuk mengambil buku gratis lagi seminggu kemudian. Jadi kalo seminggu sekali sampeyan ambil buku gratis ini, maka paling ndak sampeyan bisa dapat empat buku gratis setiap bulannya. Meskipun begitu, alangkah baiknya jika sampeyan mengambil buku yang benar-benar sampeyan inginkan saja, jangan mentang-mentang gratis, trus sampeyan ambil juga meskipun ndak berminat, karena mungkin saja ada orang yang lebih membutuhkan buku itu daripada sampeyan.

“Eh mas apa mereka ndak rugi ya kalo tiap hari bagi-bagi buku gratis kayak gitu??” tanya Kang Bejo kepada saya

“Memang secara kasat mata mereka mengeluarkan biaya ndak sedikit untuk program buku gratis ini setiap harinya, tapi menurut saya program buku gratis ini merupakan salah satu strategi pemasaran mereka juga kang” jawab saya

“Strategi pemasaran gimana maksudnya? Kalo dihitung hiitung nih ya, kalo sehari ada 30 buku yang dibagi, sebulan aja bisa 900 buku, kalo rata-rata bukunya harganya Rp.40.000 sampai Rp. 50.000, berarti itu kan udah gede banget mas biayanya” tanya Kang Bejo lagi

“Ah sampeyan ini kang, biaya pemasaran itu kan ibarat umpan mancing, kalo mau dapat ikan yang gede, tentu saja umpannya harus gede juga dong Kang, kalo rugi pasti mereka dah tutup dari dulu lah, tapi nyatanya mereka masih bisa berkembang sampai sekarang kan”jelas saya

“Oh iya ya, bener juga sampeyan ini mas” balas Kang Bejo sambil manggut-manggut

Selain bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat, program buku gratis ini sepertinya juga sekaligus bisa menjadi strategi pemasaran bagi toko buku Leksika sendiri, pengunjung yang datang dan telah mendapatkan buku gratis itu biasanya akan berkeliling dan melihat buku-buku lainnya. Karena buku-buku yang disajikan menarik dan sangat bervariasi, ditambah pula dengan iming-iming diskon yang besar, maka saya  saya yakin banyak dari pengunjung akan “tergoda” untuk membeli buku buku disana, dan nyatanya saya  termasuk pengunjung yang berkali kali menjadi jadi “korban” strategi pemasaran mereka itu :)

Bagi sampeyan yang berminat untuk mendapatkan buku gratis ini, silahkan datang langsung Kalibata City Square dengan alamat Jl. Kalibata Raya No. 1, Jakarta Selatan 12750. Jika masih bingung dengan alamatnya, sampeyan bisa hubungi saya, kalau ada waktu dan kesempatan insyaallah saya bisa nemenin untuk ngantri buku gratisnya.

 “Yuk besok temenin saya ngambil buku gratisan kesana mas” ajak Kang Bejo kepada saya

“Tapi besok kan buku gratis yang dibagi itu untuk anak-anak Kang” jawab saya

“Iya ndak apa-apa nanti buat anak saya dirumah” jawab Kang Bejo

“Tapi kan anak sampeyan udah pada gede-gede Kang” balas saya lagi

“Ndak apa-apa yang penting bisa dapat buku gratisan :D” jawab Kang Bejo nyengir

Walah dhalah..sampeyan ini bener-bener ndak mau rugi kalo ada yang gratisan kang :D

49 comments:

  1. Hadiir di kotak komentarnya..
    Promo buku gratisnya harus datang langsung ya, jadi gak bisa ikutan dapat buku grtasinya dr leksika deh..


    Hepi Idhul Fitri..mohon maaf lahir dan bathin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak harus datang langsung ke tempatnya. Sama sama mbak, Met Idul fitri, mohon maaf lahir batin juga :)

      Delete
  2. mau... tapi jauh tempat saya, Mas. Titip boleh? (alias minta, hehe). kalo ada roman klasik, titip donk, Mas...;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh nay, km liat-liat aja daftar buku-buku yang akan dibagikan di facebook fan page nya, setelah ktemu nama buku dan jadwal pembagiannya, baru kasih tau deh, Insyaallah nanti bisa aku ambilin :)

      Delete
    2. asiiik.. makasi mas.. kalo ada buku sastra indonesia mau donk mas, hehe;)
      di jogja belum ada cabangnya ya?

      Delete
    3. pokoknya kamu harus rajin rajin cek twitter ato facebooknya aja..Kalo di Jogja belum ada cabangnya? berdoa aja segera buka disana ya :)

      Delete
  3. waduh, kirain bagi2 bukunya d kirim via jne ato jasa pengiriman lain... hmmm... g bisa ikut dong... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa riz, tapi harus datang ke Jakarta dulu :)

      Delete
  4. Saya belum pernah ngantri, mau coba ngantri ah besok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadi saya nemenin temen ngantri mas, jadi ikutan ngantri ndak?:)

      Delete
  5. wahh,, saya juga toko buku nih. jadi berniat untuk melakukan hal itu. semoga dimudahkan rizkinya untuk membagikan buku gratis demi kemajuan minat baca bangsa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh ditiru tuh, menyebarkan kebaikan dengan bagi2 buku gratisan, tentunya sangat bermanfaat, selain dapat pahala, tokonya juga makin dikenal orang :)

      Delete
  6. mauuu... klo soal gretongan ginih aku pasti smangat.. hihihi
    Ayo kang Bejo.. temenin aku ngantri.. haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak datang aja, tadi siang aku udah nemenin si Una ngantri, ketemu juga sama kang bejo hehehe

      Delete
  7. wah seru tuh bisa dpt buku gratis,, tp kejauhan y kang bejo hehehe
    :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah deket kok, terbang ke jkt paling satu jam hehe

      Delete
    2. berat diongkos,, mending beli buku aja hehe

      Delete
    3. gimana ndak berat, wong bawa duitnya logam semua :))

      Delete
  8. Kalau dapet gratisan lagi bagi ke niar yaa om, di surabaya rasanya belum ada leksika, ini berbayar tah om reviuw nya sapa tau dapet gratisan terus abis ngereviue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya doakan aja di Surabaya segera buka :)
      Ndak kok niar, postingan ini murni inisiatif sendiri, wujud terima kasih aja buat Leksika yang udah ngasih banyak buku gratis ke aku, rajin ngantri soalnya, kebetulan tempat mburuh saya deket ama tokonya :D

      Delete
    2. eeh om om, foto nya yang sama mbak una kok beda banget toh, kayak om om keren #eehh :D

      Semoga dapaet dan deeket kantor biar sering2 dapet buku gratisan juga :D

      Delete
    3. masih kayak om keren kan, berarti aslinya emang ndak keren :D

      Delete
  9. baru denger saya mas..... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya kalo udah denger, mampir ke sana aja, lumayan kan gratisan :)

      Delete
  10. Wah dapat buku Gratis enak juga yah apalagi katanya bukunya berbeda beda. Jadi yang sudah mendapatkan buku dan sudah dicatat KTPnya tidak bisa mendapat (buku) lagi tentunya. Wah mantaf nih. Saya juga suka Buku buat melengkapi koleksi perpustakaan pribadi saya di rumah. Izin Follows ya. Salam dari Pontianak :))))))))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan begitu pak, dicatat KTP nya itu buat registrasi buat yang pertama kali ngambil aja, selanjutnya ya masih boleh ngantri, tapi yang udah ngantri hari ini baru boleh ngantri lagi minggu depannya

      Delete
  11. enaknya hidup di peradaban
    disini boro boro buku gratis
    toko buku aja bisa dibilang ga ada
    hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makanya jangan lama-lama di sana mas, minta pindah aja ke Jakarta, biar bisa ikutan ngantri buku gratis :)

      Delete
  12. wah... sayang harus pergi ke tempatnya langsung.. padahal aku pengen banget buku gratis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gitu cukup ngiler aja deh dari sana :))

      Delete
  13. Kunjungan malam sobattt

    waahhh kapan ada toko buku leksika di kotaku??
    mauu buku gratis :3

    ReplyDelete
  14. duh, ngenesnya sma yg di luar kota kayak sya.
    tp bolehlah.. klo masnya dah baca buku gratisannya, ane siap koq menampungnya. ahhahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha suit dulu ama Kang Bejo, katanya dia mau juga tuh :D

      Delete
  15. boleh nih gan..
    bisa nyumbang nih ikut berpartisipasi >>disini<<

    ReplyDelete
  16. wah mas sampe tanggal berapa tuh ..
    wah jadi pengen kesana
    tantangan kreatif blogger Event blogger berhadiah mingguan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe sekarang belum ditentukan sampai kapan program ini berakhir mas, mumpung masih ada kesempatan gratisan monggo dimanfaatkan :D

      Delete
  17. wihiiiyy nice info banget, emang impian dari dulu banget ini ada toko buku mau kasi buku gratisan, abisnya kalo liat buku bagus ngiler tebel-tebel ga taunya harganya nyekek dompet, secara dompetku kan ala pelajar selalu kering kayak gurun pasir hiks. kapan-kapan kalo ke kalibata city square ikutan ngantri aahhh.. sayang jauh dari rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ngantri disana, nanti aku temenin ngantrinya :D

      Delete
  18. kalau aku mungkin tidak mencari gratisan mas,soalnya aku kolektor buku lawas terutama sastra yang sudah tidak ada lagi dijual di toko buku baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo buku lawas nyarinya ndak ada disana mas, di Leksika bukunya baru baru dan masih dibungkus plastik mas. Kalo buku lawas mungkin di pasar loak banyak :)

      Delete
  19. waaah baru tau ada info begini, makasih mas infonya :D
    bener tuh,emang harus follow twitternya biar pas dateng gak salah antri jenis buku apa yang kita antriin, jadi gak mubajir ehehehheee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, kalo mau datang ajak ajak ya, biar ada temennya gitu pas ngantri :D

      Delete
  20. jauuuuuh ke sana nya huhuhuu..
    tapi seru programnya. menunggu toko buku leksika buka cabang di deket sini

    ReplyDelete
  21. wiiihhh keren...tapi sayang, jauhhhh....hehehe :D

    ReplyDelete
  22. Dapat buku gratis? Wah siapa yang nda mau. Saya pernah dapat buku gratis dari penerbti Kanisius karena beruntung artikel saya di website mreka terpilih sebagai salah satu pemenangnya.

    ReplyDelete
  23. Buku gratis, sekolah gratis, kesehatan gratis... boleh juga tuh jadi slogan kampanye ke depan... :)

    ReplyDelete